Minggu, Juli 12, 2009

Banana Cake


Melihat pisang ambon masih beberapa buah yang sepi peminat, sayang juga. Apalagi kulitnya udah mulai totol-totol hitam, jadi keinget banana cake yang memang butuh pisang yang masak sekali agar cakenya jadi ok. Ya sudah , akhirnya pisang masuk dapur untuk dikaryakan jadi banana cake dari Yasaboga. Aroma pisang memenuhi dapur saat cake dioven, harum sekali. Cakenya mengembang bagus, teksturnya lembut, pisangnya terasa dan manisnya pas (aku kurangi 15gr gula pasirnya, soalnya pisangnya sudah sangat manis). Kalau mau dicoba, silakan ...

Banana Cake
Yasaboga

Bahan:
3 buah pisang ambon (aku: 4 pisang, soalnya adanya 4, sayang 1 mesti dibuang)
1 sdm air jeruk nipis (aku: air jeruk lemon)
150 gr mentega (aku: 75 gr mentega+75 gr margarin)
175 gr gula pasir (aku: 160 gr)
4 butir kuning telur
4 butir putih telur

Campur dan ayak
225 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda

Cara membuat:
- Siapkan loyang diameter 24cm atau 22x22x6cm (aku: 2 loyang oval), olesi alasnya dengan margarin, beri alas kertas roti, oles sekali lagi dengan margarin.
- Lumatkan pisang dengan air jeruk lemon, sisihkan
- Kocok mentega dengan gula sampai lembut, masukkan kuning telur satu persatu, kocok hingga mengembang.
- Masukkan bergantian campuran pisang dengan bahan kering, aduk rata.
- Kocok putih telur sampai kaku, masukkan ke adonan, sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
- Tuang ke loyang, oven 150 menit dengan suhu 175 'C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar